Media itu penting buat popularitas produk

image

Saat lagi liputan di tempat produksi

image

Kru TV lagi nyiapin produk buat di close up di ruang belakang

Ini kedua kalinya, brand ku, rajarajut diliput sama TV lokal banten baraya TV. Dulu pernah diliput saat aku baru aja pindah ke cilegon dan saat itu produkku masih didominasi rajutan.
Bros rajut, tas, syal, bando dan sepatu rajut.

Emmm…selama ini aku memang silent aja sih..aku mikirnya aku tuh mau konsen create product dan selling aja.

Jadi aku ga pernah mikirin gimana caranya diliput media.
Aku pikir, dengan mengoptimalkan website, sering update di sosial media, instagram, maka produkku akan dikenal.

Aku agak ngeh, ketika ngelihat sedikit sepak terjang seorang anak muda founder banten foodbank, sebuah organisasi sosial yang gerakannya tuh kasih uluran tangan buat anak-anak yang rawan kelaparan dan juga gizi buruk.

Di usia 25 tahun, dia udah punya ide besar buat bikin gerakan menyelamatkan manusia dari yg namanya kelaparan.
Kamu pasti heran kan, di negeri yang subur makmur dengan daratan dan lautan yg luas ini masih ada yang kelaparan?

Tapi itulah realitanya.masih banyak kejadian kelaparan dan gizi buruk, di tengah meningkatnya daya beli masyarakat.

Di tengah antrian panjang  haji para muslim golongan menengah keatas. Tapi lihatlah…anak-anak lusuh di pinggiran rel kereta, balita yang penuh debu di lampu merah…

Trus kamu nanya ” ada ngga sih sebenernya yang peduli?”
“Ada kok..banyak yang peduli.tapi lebih banyak lagi yang ga peduli.

Percayalah..di dunia ini akan lebih banyak perbuatan buruk daripada baiknya.

Btw, back to masalah kesadaran aku buat butuh media yah…

Aku pikir media itu penting buat me leverage tingkat popularitas produkku. Aku mulai rajin upload foto paket customer via ig, fb, dan juga testimoni mereka.Itu cara aku membranding produkku.

Dulu aku pikir, upload paket, upload testimoni..itu ribet ngabisin waktu…
Karena aku belum belajar branding.

Aku berharap sih, dalam beberapa bulan ke depan bisa diliput TV nasional. Entah gimana caranya.

Doain aku yah…
Siapapun kamu yang baca tulisan curhatku 😍😍

Categories: cerita kehidupan, Uncategorized | Tag: , , , , , | Tinggalkan komentar

Wulandira Purnama Tempat Rekreasi Keluarga yang Murah Meriah di kabupaten Serang

Sudah hampir 5 tahun saya tinggal di perumahan puri hijau regency toyomerto.
Ini wilayah perbatasan cilegon timur dan serang barat.
Dekat dengan tol cilegon timur, terminal seruni cilegon, dan juga dekat dengan pusat perbelanjaan di area PCI.

Sebelah timur komplek tempat tinggal saya, adalah tempat rekreasi yang dulunya rame, yaitu wulandira purnama.
Tempatnya luas dan asyik, banyak wahana permainanan anak-anak, tempat memancing, danau yang dilengkapi perahu bebek, panggung konser, dan juga hutan rimbun yang masih asri.

Tapi semua fasilitas itu tampak tidak terawat kini. Kabarnya pemiliknya ditangkap polisi karena kasus narkoba.
Tapi tempat ini masih saja ramai. Terutama buat outbound, camping, dan juga tempat rekreasi keluarga yang murah meriah.

Untuk masuk, harga tiket cuma 5000 rupiah untuk orang dewasa.
Untuk anak anak dibawah 5 tahun sepertinya engga dihitung.

Selama hampir 5 tahun tinggal di sini, saya udah serinf banget denger tentang wulandira.tapi saya belum tertarik buat masuk.beberapa kali dtg, cuma buat beli ikan di luar gerbang pintu masuk.

Di luar gerbang sebelah kanan juga ramai dengan para maniak mancing.
Ngga peduki hari libur atau bukan, tempat memancing selalu ramai dengan para bapak yang termenung menunggu respon ikan di kailnya.

image

Rekreasi ke wulandira

image

Danau buatan

image

Rekreasi keluarga di serang

image

image

image

image

Jalannya bagus dan lebar

image

Ini panggung buat komser

image

image

Wahana permainan anak

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Dicolek Teman

image

Ada temen lama inbox .
Saya kok muncul kalo week end doang yah?sibuk apa?
Hehehehe

Alhamdulillah..saya bahagia banget ditanya gitu. Pertemanan yang udah lama hampir terlupakan, akhirnya terjalin lagi😍😍

Ya begini resikonya kalo fb personal dan fb bisnis dipisah.padahal satu2nya tempat untuk bersilaturrahim dengan temen lama adalah fb pribadi.

Saya sengaja bikin fb buat bisnis terpisah dr fp personal, biar target marketnya pas.

Kalo temen2 fb pribadi kan blm tentu target market buat produk saya. Takut unfriend kalo bosen saya upload produk aja😁.
Sayangnya, tiap hari yang saya

pantengin adalah fb bisnis. Pertemanan saya seleksi dengan sangat.

Sebagaimana para pebisnis pemula lainnya, saya juga mengalami pasang surut.

Pernah overload kebajiran orderan, sampe ampun-ampun. pernah juga sepi , 4 hari berturut turut ga ada orderan. Jadi produksi hanya untuk stok.

Omzet naik turun, itu biasa. Yang ga biasa kalo turun drastis.berarti ada yang musti diperbaiki.

Yang paling penting pebisnis musti siap belajar. Karena bisnis bukan cuma selling dan marketing. Apalagi yang bikin merk sendiri kaya saya.
Kalo jualin produk orang, kita pasti fokus nya buat jualin, selling.
Tapi kalo kita bikin produk sendiri, kita musti siap ngurusin produksi, supplay bahan baku, ngatur karyawan, marketingnya, sistemnya,,dan semua tetek bengeknya.

itu yang saya alami sekarang.berkali kali saya renovasi sistem penjualan, kok malah penjualan turun, saya ubah lagi dicoba 3 bulan, naik tapi dikit.
Eh muncul masalah lagi.karyawan banyak yang keluar.

Benahi lagi SDM dan sistem penggajian, muncul lagi masalah lainnya.
Dari situ saya dituntut untuk terus belajar. Apalagi background pendidikan saya jauh banget sama yang saya lakukan sekarang.maka semuanya harus dipelajari satu persatu.

Jujur saja, memulai bisnis UKM itu melelahkan. Modal kecil, persaingannya ampun ampunan.
Maka untuk bisa bertahan, harus pake strategi yang ngga biasa.
Harus mau belajar siang malem, sering sering investasi buku, ikutan wokshop, belajar di grup grup online…dan yang paling penting terus praktek.

Pernah sampe dibenci salah satu tetangga karena dianggap ga silaturrahim. Kalo yg dimaksud silatutrahim adalah gabung ngerumpi, saya termasuk yang sama sekali ga ada waktu buat itu.saya tetap silaturrahim, dengan ikuti kegiatan arisan dan pengajian rutin mingguan di komplek.

Ya begitulah susahnya memulai bisnis, itu cuma susahnya yah…
Senengnya mah lebih banyak
.hehehehe..

Bagi saya, yang terpenting saat ini adalah fokus membangun bisnis dan ngurus anak.
Semedi dulu buat membenahi sana sini yang menang butuh perbaikan.

Saya yakin para pebisnis sukses yang sekarang banyak berbagi di medsos, dulunya juga pernah mengalami fase seperti yang saya alami saat ini.

Orang hanya melihat hasil, tapi mungkin tidak pernah tau proses dibaliknya.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Tetangga masa gitu part 2

Sejak peristiwa left group, saya jadi banyak diperbincangkan.
Sebagian menyayangkan karena saya adalah ketua arisan, sebagian lagi bisa menghargai keputusan saya.
Dan saya termasuk salah satu yang aktif di grup. aktif bagi copas artikel, aktif komen dan ngakak bareng, aktif promo juga..hehehehe…
Yang jelas mah promo ga dilarang.

Saya masih coba evaluasi diri, apa yang salah dengan diri saya…
Saya masih coba flashback…
Ah..sudahlah..saya masih ga mengerti sampai ada orang yang tega maki2 orang di grup.

Sungguh itu perbuatan keji dan tidak beradab.

Sehari dua hari, diam..ga ada yg sms ataupun wa saya..saya yakin semuanya mengerti bahwa saya sakit hati.

Hari ketiga, saya mulai buka percakapan ke orang2 yg saya anggap netral, untuk minta pertimbangan.
Saya sampaikan kronologi kejadiannya, dan sy mintai pendapatnya…

Saya juga sampaikan ke bu rt, saya ceritakan masalahnya dan kronologinya..
Bu rt cuma bilang ” tenang aja mba..d grup lain masih ada yg lebih parah dari itu kok”

Hahahaha…
Iya sih..tapi bukan itu maksud saya..
Ya sudahlah..

Tapi ga ada pendapat apapun juga yang disampaikan ke saya, malah pak rt yg kasihh pendapatnya..
Diplomatis dan standar.

1.anak2 jangan boleh main di masjid
2.jaga kebersihan bersama terutama masjid sbg tempat ibadah
3.jaga silaturrahim dg tetangga

Blabla bla…

Okey…
Saya jg sempet copy chat saya dg bu rt ke salah satu ustazah di komplek, dg harapan sy mnta pertimbangannya, dan sore sy janji akan ke rumahnya.
Dan ustazah mempersilakan…

Tiba2

Ada sms masuk

” mba ning, bisa ikut bacakan di rumah no sekian?”
Sms dari si tetangga.
Saya balas
” bisa, tapi kita harus ngoming dulu, di rumah saya”

” ngomongnya di sini aja biar santai, sambil bacakan”balasnya

“Oke”
Bacakan tuh kayak riungan..kita makan bareng gitu.

Eh saat sampai di sana udah ada ustazah dan tetangga yg saya anggap netral yg pertama kali saya mintai pendapatnya.

Oke..saya datang, makan dulu, salah seorang yg sempet sentimen karena foto anaknya masuk jepretan saya justru nuangin air ke gelas buat saya..bawain piring buat saya makan…

Oke..berarti ada iktikat baik.batin saya

San saya tidak salah…karena memang bacakan ini tujuannya adalah ishlah…
Ishlah secara garis besar adalah mendamaikan orang yang sedang berkonflik..atau bermusuhan.

Ustazah sebagai mediator..oke…saya setuju.karena beliau saya anggap netral dan bijak..

Pegel juga nulisnya ..wait yah…

Saya sengaja membuka percakapan.
Saya sengaja mau datang ke sini, karena saya mau menyelesaikan masalah.

Dan sebelumnya, saya minta maaf dan saya mau menceritakan kronologi permasalahannya.

Kata saya membuka percakapan.
Mediator mempersilakan, dan saya ungkapkan sebagian besar latar belakangnya.

Kedua, si ibu korban profokasi yang sempat nyolot di grup.
Jd si ibu ini dimasukkan ke grup atas permintaan si tetangga td, setelah masuk grup langsung nyolot.
Kelihatan bangey dia ga tau kronologinya dan hanya korban provokasi.saya maafkan yang ini.

Saatnya si tetangga dikasih kesempatan untuk menjelaskan alasannya sampai memaki maki di grup.semua yang dia tumpahkan adalah defense dan menyalahkan saya.

“Kenapa ngga wa saya malah sounding di grup?”
Emang d grup saya sebut nama ibu?jawab saya.
Emang di foto ada gambar anak ibu?
Trus apa urusan saya sm ibu?

Dia diam sesat

” emang sih d grup ga ada gambar saya tapi kan saya merasa, karena anak2 saya sering main di masjid dan di depan rumah mba..
Jadi tolong lah , kalo punya niat baik langsung kasih tau saya…”
Oke..cukup semua yang ibu sampaikan hanya pembelaan dan saya jelas makin emosi.

Ibu bukan berusaha minta maaf tapi hanya membela diri.
Sedangkan posisi saya tersaikit, karena udh dihina2 d grup yang disaksikan banyak orang.

Si doi masih membela dengan sejuta alasan…
Kenapa ga pernah wapri saya…kan saya deket sama rumah situ..bla bla bla

Pikir saya ” ngapain saya wapri ke orang yang jelas saya tau emosian dan ga bisa diajak baik2″
Sama aja saya masuk ke kandang macan dan ngajak bentrok.

Ustazah angkat bicara..ngademin…dan ngajak semuanya mengerti satu sama lain…
Tidak saling menyalahkan, dan memilih serius ishlah.

Kami berjabat tangan, dan bermaaf maafan.

Iya..secara hukum kami telah sepakat melakukan ishlah…

Tapi biarlah Allah saja yang tau tentang hati ini.
Yang masih berusaha memaafkan…
Masih berjuang keras untuk memaafkan….

Dan masih sulit menerima….

Dan biarlah waktu yang berbicara…

Semoga Allah mengampuni kesalahan saya..dan menjadikan saya orang yang mudah membuka pintu maaf untuk orang lain.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Tetangga Masa Gitu part 1

Bertetangga itu emang ga gampang.aku di cilegon nih udah tahun ke 5.
Selama 5 tahun itu aku belum pernah ada masalah sama tetangga.

Kebetulan rumahku ada di pojok gang, bersebelahan sama masjid kompleks.depan rumah ada jalan yg lumayan lebar, bisa disebut bunderan, buat tempat mobil putar balik.

Karena depan rumah tuh luas, anak-anak sering pakai buat main.
Ada yang badminton, main sepeda balapan, main petak umpet, dan yang bikin sebel kalo buat main sepak bola.debunya masuk rumah semua, ples berisiknya jedak jeduk terus.
Apalagi bola lari kesana kemari, kena kaca, kena mobil di garasi, masuk taman, tanaman baru keinjek-injek.

Ya rumah kami emang ga berpagar, karena aturan dari developer emang ga boleh dipager, alias cluster.
Tapi beberapa orang nekad aja pagerin rumahnya, dengan alasan kenyamanan.
Mungkin lebih tepatnya biar anak anak tetangga ga ngotorin halaman rumahnya
Mungkin lho ya..hanya asumsi:)

Aku beberapa kali negur anak tetangga, tolong main di lapangan aja ya…soanya mengganggu banget, ga digubris.
Saya tegur lagi besoknya
“Kok main bola di sini lagi?kan tempat main bola di lapangan.kan luas tuh lapangannya”
Lapangan jauh…katanya.padahal hanya sekitar 100 meter dr rumah saya.

Besok lagi masih datang lagi..kawanannya lebih banyak, anak anak usia 6-10 tahun.posisi gawang persis di belakang mobil.
Jedag jedug terus, beberapa kena bodi mobil dan kaca.

Emang bola yang dipake bukan bola sepak beneran sih, tapi lumayan berisik dan kalo tendangannya kena anak ya bakal nangis juga.

Akhirnya saya udh ga bisa nahan emosi.saya marah-marah dan lempar sendal jepit ke arah mereka, dan semua lari kalang kabut. Ada yang sampai sendalnya tertinggal.

Orang-orang ngomongin saya…saya lihat…orang2 bergerombol, sambil nunjuk2 ke arah ujung, rumah saya.
Dalam hati, bodo amat.
Gw yang jadi korban, gw yg diomongin.harusnya org tuanya pada ngerti lah..jangan sampe main bola di depan rumah orang. Pasti bakal merusak properti.

Gw sempet sounding di grup wa komplek..yang isinya kira-kira gini :

Ibu2, saya mohon maaf, td saya sempet marahin anak2 karena main bola di depan rumah dan merusak beberapa properti..bla bla bla..
###
Okey..waktu berlalu dan anak-anak masih main bola di depan rumah, tapi kawanan mereka ga sebanyak sebelumnya.

Saya biarkan..capek lah negur terus tiap hari.

Eh, kok suatu sore saya dapetin mereka main bola di dalam masjid.
Karena masjid ya memang lumayan luas sih…namanya juga tempat umum, dan yang bikin sebek, itu dinding masjid kan menyatu sama dinding tempat kerja saya…bersebelahan dan menyatu..
Tau sendiri lah..gimana berisiknya main bola di dalam ruangan.

Bahkan berkali kali bola nyasar ke dalam tempat produksi lewat jendela yang sengaja dibuka lebar2.

Saat lagi jahit, tiba2 bola masuk kena tangan yang sedang konsen jahit.

Besoknya lagi, siang siang jam 11 an anak2 main bola lagi.jedag jedug sampai semua karyawan ga bisa konsen kerja, saya tegur…
Oke anak2 bubar..
Sorenya…
balik lagi…dan bawa kawanan lebih banyak.

Begitu berlangsung seterusnya..
Saya kira semua orang tau lah..anak2 main di masjid bukan satu atau dua kali.tapi setiap hari.
Orang tua ngga tau?itu bulshitt…
Posisi masjid itu di posisi tusuk sate.pas diujung gang yang menghadap persis ke jalan.
Kalo ada aktifitas..semua orang bisa lihat dari jalan.

Kali ini jam 10 pagi, anak2 sudah main bola di dalam masjid.
Celakanya, bol masuk lagi ke ruang produksi dan mengenai kepala salah satu karyawan kami.

Saya ditemani satu orang karyawan, sontak aja emosi..
Lari ke arah masjid dan memarahi anak-anak.tapi saat saya sampai di masjid, saya tidak menemukan satupun anak, semuanya ngumpet entah dimana.

Saya masih ngoceh-ngoceh.salah seorang nenek dari anak yang setiap hari pasti main bola di masjid, dtg juga nyamperin ke masjid.sambil saya bilang ke neneknya “nek saya gemes banget anak2 main di masjid terus”
Neneknya diam aja…mlengos

Oke…sorenya saya coba sounding di grup perumahan :
Ibu-ibu..mhn maaf..td sy nemuin lagi anak2 main bola di mesjid..dan tiap hari main di masjid pagi dan sore..
Padahal tiap hari udah dibilangin..kalo mau main bola di lapangan aja.
Saya minta sarannta , kira2 apa yang harus saya lakukan yah…
Saya kasih opsi :
1.negur terus tiap hari
2.kasih tau ortunya
3.lapor masalah ini ke RT aja.
Ples sy krmkan gambar bbrp anak sedang main bola..sebagai bukti bahwa saya tdk mengada ada.

Dan d grup banyak yg kasih masukan buat milih opsi no 2..kasih tau ortunya..
Ada juga yg komen agak nyinyir..” tuh di foto.kan ada tetangga ibu juga tuh..datengin aja ortunya”
Plis..jangan gagal paham sama foto ya..saya hanya ga ingin dibilang nyebar hoax..maka saya sertakan foto.

Tiba2 sore hari muncul komen2 pedes…dari orang yg sama sekali ga saya duga.

Yg juga anaknya jelas ga ada di foto tetsebut…

“Kenapa kamu ga smaperin saya…
Kamu orang ga gaul..ga silaturrahim, ga tau etika bertetangga…bla bla bla..”
Duarrr
Serasa disambar petir di siang bolong.
What?
Gw dikata katain sama orang yang ga ada kaitannya sama persoalan sama sekali.

Apa masalah gw sama dia?

Oke..gw masih keep calm di grup..dan gw pingin nunjukin bahwa gw orang baik dan gw punya etika yang baik…

Saya putus kan untuk keluar dr grup..daripada saya sakit hati dengan menerima makian kasar di dalam grup..oleh orang yang baper…
Yanh sama sekali saya ga tau urusan apa saya sama dia.
Sebelum keluar dari grup..saya pamitan.

Mohon maaf sebelumnya jika kehadiran saya hari ini mengganggu ketenangan di grup ini.
Terimakasih kata2 sarkas yang sudah dialamatkan ke saya secara bertubi tubi…
Padahal niat saya hanya ingin berbagi info dan meminta pertimbangan apa yang sebaiknya saya lakukan agar bisa menyelesaikan masalah…

Bla bla…
Sy left group
###
Mengingat masjid adalah tempat umum dan posisi rumah saya tepat di sebelah masjid..mana mungkin saya bisa diam.
Ples bola itu sudah berkali kali mengenai kami yang sedang kerja.

Menulis kan ini kembali..rasanya membuka jahitan luka di hati.
Tapi menulis bagi saya adalah cara untuk mendokumentasikan cerita hidup saya…
Perasaan saya, dan segala sesuatu yang saya sudah alami selama saya hidup…

Saya bener2 sakit hati..
Gimana engga..selama saya hidup..saya baru pertama kali diperlakukan orang sehina itu.
Dihina di depan umum, dimaki sebagai orang yang ga gaul, ga silaturrahim.ke tetangga, ga punya etika bertetangga…
Helloowww…
Gw harus lapor dulu kalo silaturrahim?

Gw anggota kajian selasa sore di masjid…sedangkan situ? Enggak ikut ngaji.

Gw anggota arisan rt, bahkan posisi saya sekarang didaulat sebagai ketua arisan.sedangkan situ?ikutan juga engga

Rumah gw rame tiap hari keluar masuk orang bayar keamanan, bayar iuran sampah, belanja aksesoris, reseller dari berbagai daerah kadang belanja ke sini, tetangga yang pingin tau aktifitas produksi juga sering datang sekedar lihat-lihat…

Mungkin yang si jahat maksud gw ga silaturrahim sama dia..
Padahal tiap hari kita ketemu di tukang sayur…
Ah terserahlah mau apa…

Orang kalo udah kadung benci ya gitu kan..jadi ga bs mikir.dan skrg posisi saya sakit hati banget.

Entah sampai kapan saya bs memaafkan..saya hanya berusaha.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Perempuan penuh cinta itu kami panggil mamak…

Akhir september kemarin bapak dan ibu mertua datang jauh-jauh dari karangdowo klaten demi ketemu sama cucu tercinta si bayi beranjak besar, avicenna tiara khadija.
Mamak, kami panggil mertua perempuan…
Mamak lahir dan besar di karangdowo klaten, tepatnya desa jetis.
Selama hampir 50 tahun ini, mamak belum pernah pergi jauh-jauh.paling jauh ya pergi ke cilegon buat nengok saya dan suami.
Itupun mamak ga berani berangkat sendiri.meskipun naik bis malam ga pake gonta ganti bis…tetep aja mamak ga berani.
Tinggal naik bis dari pertigaan karangwuni, trus turun di terminal cilegon..kami jemput di terminal…
Jadilah mamak dianter sama bapak…

Sebenernya mamak pingin lama di sini, maklumlah kangen sama cucunya yang hanya setahun sekali pulang kampung, saat lebaran.

Tapi sayang si bapak ga bisa lama-lama.karena terbiasa dengan banyak kerjaan di rumah, ples orderan jahitnya sudah menumpuk..beberapa kali customernya telp menanyakan hasil jahitannya..

Jadilah si mamak ditinggal pulang duluan sama si bapak…

Lumayan..senna ditemeni mamak sampai 1 minggu..
Karena merasa ada warga baru di rumah kami, senna seneng banget.tiap bangun tidur dia langsung panggil ” mamaaaaaakkk” dan matanya masih tetap terkantuk kantuk.

Tiap datang ke cilegon, mama selalu bawa berdus dus barang bawaan.padahal bawa dirinya sendiri aja udah repot banget.secara, mamak ga pernah pergi jauh-jauh..jadi kalo naik bis lama, pasti mabuk atau pusing tujuh keliling.

Meski begitu, ga menyurutkan langkahnya untuk bawa sekarung beras, satu dus besar pisang ambon mentah, jajanan dan snack satu dus, gula teh dan sejeNisnya satu dus..
Padahal sebelum berangkat sudah kita wanti wanti biar ga usah bawa bawa..biar perjalanan enak dan nyaman..toh semuanya kan juga ada di sini.
Tapi begitulah orang tua, pinginnya bawa semua yang dia punya…demi anak cucu yang dicintainya..
Padahal kita kalo kita pulang kampung, kita sengaja ga bawa apa2..biar ga repot…tapi kita akan belikan sesuatu kalo udah sampai di kampung.
Kita akan traktir semua saudara dan keluarga…

image

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Senyum para penjual sayur

Terus terang, aku orang yang paling ga suka belanja atau jalan-jalan di mall.
Ketika para tetangga, temen temen, bersuka cita selepas gajian untuk sekedar jalan jalan atau belanja ke mall, tapi yang aku rasakan justru berbeda.

Supermall cilegon adalah mall terbesar di cilegon.sedikit lebih nyaman daripada belanja di SPAR ramayana atau swalayan di mall lainnya di sekitar cilegon.satu-satunya alasan untuk belanja di mall karena barang-barang tersebut susah ditemukan di tempat lainnya.
Misal kayak bawang putih bubuk, minyak zaitun, kecap inggris, dan barang2 agak langka lainnya.
Ya, jadi saya masuk ke mall utk dapetin barang2 tersebut aja..barang2 lainnya saya akan cari di pasar atau toko tetangga.

Setiap week end aku selalu berusaha menyempatkan diri ke pasar tradisional, kalo di cilegon pasar tradisional yang lengkap dan masih bertahan adalah pasar baru kranggot…yang di belakang ramayana mall cilegon.

Di sini semua jenis kebutuhan hidup bisa didapat..dari blok sayuran, ikan segar, daging, sampai urusan kebutuham sekunder seperti baju, sprei, alat rumah tangga dll.

image

Penampakan luar pasar baru kranggot.

Bagi saya belanja di pasar tradisonal itu ngga sekedar belanja. Inilah potret pasar asli indonesia, dimana rakyat jelata bisa bebas mencari nafkah, bebas menjual hasil bumi asli indonesia, dan dibeli oleh pribumi indonesia…

Pasar bagi saya adalah sepetak wilayah tanpa penjajah…ketika semua lini kehidupan sudah dijajah…
Lihatlah di mall mall itu, siapa pemilik counter hpnya, pemilik mall nya, investor nya..semuanya bukan bangsa kita…dan apakah kita akan dengan bangga berbelanja di sana, padahal masih ada pasar dimana penjual dan barangnya adalah hasil dari bumi pertiwi?
Dan beberapa dari bangsa kita yang berjualan di mall itu hanya menyewa, sekian puluh juta tiap bulannya, mereka harus menjual dengan mengambil keuntungan cukup besar, karena sewa lapaknya juga mahal…
Tapi kenapa sih, orang kita masih suka banget belanja dan makan di mall? Alasannya hanya karena gengsi..
Katanya kalo di pasar tradisional itu becek, ga nyaman, dan sejenis alasan manja lainnya….
Kalo jalan di mall itu lebih mentereng, lebih kerasa kaya, seolah olah beruang..hahahaha…

Palsu!
Itu yang saya rasakan. Orang-orang tersenyum karena dibayar untuk itu, agar dagangan mereka dibeli, kalo kamu ngga beli, senyum itu akan ditarik kembali…
Harga barang yang seharusnya bisa kamu dapat denga harga 10 rb, di sana dijual 25 ribu…ya karena mereka harus sewa lapak puluhan juta itu…

Saya bukan orang yang anti kemapanan, anti kaya, atau anti modernisasi…
Tentu saja, saya adalah orang yang terus pingin kaya, bisa memodernisasi segala hal dalam kehidupan saya…
Tapi kalo semua yang modern itu hanya dinikmati oleh orang tertentu, yang kebanyakan adalah bukan bangsa saya, sedang bangsa saya masih masih bergelut dengan kemiskinan, pertanian yang tidak tersentuh modernisasi, anak-anak pribumi yang menganggur…pilu rasanya…

Mereka terpinggirkan di tanah leluhur mereka sendiri.
Ah..sampai di sini saya merasa sedih banget…

Back to pasar kranggot..
Pasar ini sudah berdiri jauh sebelum mall-mall di cilegon itu bermunculan.
Setiap orang bebas berjualan di sini hanya dengan bayar retribusi 2-5 rb setiap harinya..itu untuk yang berjualan sayur mayur dan sejenisnya di pinggir jalan..asal ikutin aturan, maka ga digaruk sama satpol PP..
Tapi bagi yang bandel, jualan ke jalan sampai bikin macet,pastilah bakal kejar kejaran sama bapak berseragam itu.

Bagi saya yang hanya punya kesempatan jalan jalan di week end saja, yaith u sabtu dan minggu..btw sebenernya sabtu saya masih kerja juga..cuma fleksibel..kadang cuma setengah hari, kalo orderan banyak ya tetep sampai sore.
Jadi kesempatan ke pasar itu jadi kesempatan buat jalan jalan bagi saya….
Menikmati pemandangan tomat ranum, ketimun, kangkung yang dijual oleh para pedagang dengan menggelar lapak seadanya, beralas MMT atau karung bekas beras, dan mereka para penjual itu memanggil setiap orang yang lewat…dengan senyum khas mereka…
” neng, silakan tomatnya neng…kangkungnya masih seger neng…”

Ah…ga tega rasanya kalo ga beli…

Kangkung satu ikat besar itu bisa didapat dengan harga 5000/3 ikat besar…sedang kalo belanja di giant atau hipemart 1 ikat itu 5000 rupiah.

Ah..apa sih yang ada di kepala mereka yang suka beli di mall itu…ini lho..ada sayuran murah hasil bertani saudaramu sendiri..di pasar tradisional..ayo lah beli di sini…
image

image

image
Mereka berjualan di sepanjang jalan, di sisi kiri di depan ruko dan di sisi kanan di bawah pohon rindang…
image

Categories: Uncategorized | Tag: , , , | Tinggalkan komentar

kuliner rakyat di joging track krakatau junction cilegon

Minggu pagi merupakan momen yang saya tunggu-tunggu buat wisata kuliner bersama keluarga.
Kebetulan, minggu ini bapak dan ibu mertua datang jauh-jauh dari karangdowo klaten.
Hemmm…biar mereka senang, saya ajak pagi-pagi jalan ke joging track krakatau junction.bukan buat olahraga, tapi menikmati kulineran sunday morning.

Semua pedagang kecil tumplek blek di sini, semua kuliner terutama masakan jawa dan sunda bisa didapat dengan mudah. sebagai orang jawa asli, aku suka banget berburu masakan jawa. Pecel madiun, soto bening, tahu bakso ungaran, gudeg jogja…semuanya ada di sini.

Di sepanjang jalan KH yasin beji, komplek krakatau steel, deretan lapak di bagi dua..sebelah kanan adalah lapak khusus kuliner dan di sebelah kiri non kuliner yang sebagian besar diisi oleh lapak baju dan busana muslim.

image

image

Saya dateng jam 6 pagi kepagian, jadi suasana masih sepi.
Yang bikin saya pingin datang lagi dan lagi ke sini tuh, udaranya seger, pepohonan rindang ada di kanan dan kiri jalan, jadi meskipun matahari sudah diatas kepala, masih terasa nyaman. Engga kepanasan.

image

Ini bakso bakar kesukaan.bakso ayam empuk, bisa request pedes atau ngga pedes.

image

Kalo si bocil, diajak ke keramaian pasti nyarinya odong-odong…

image

image

Ketika waktu menunjukkan jam 7, suasana udah makin ramai..

Ide blirian gelar lapak buat para UKM ini dimotori oleh persatuan wong cilegon, sebuah LSM yang mengkoordinir acara sunday morning gelar lapak ini.
Para pedagang cuma dikenakan 300 ribu sebagai biaya pendaftaran anggota pawon, dan setiap gelar lapak dikenai biaya kebersihan sebesar 20 ribu rupiah saja.

Bagi agan yang mau wisata kuliner, saya sarankan datang pagi-pagi.disamping udaranya masih seger, susasana juga belum terlalu ramai.jadi bisa jalan dengan leluasa tanpa bedesakan, ples bisa icip kuliner tanpa antri panjang.

Untuk tempat parkir mobil, saya lebih suka parkir di area perumahan KS…kalo ga salah di jalan manyar..masuk di komplek D flat…trus pilih parkiran di samping kanan/kiri jalan.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Melahirkan sesar karena occiput posterior

2 oktober 2014
Menjadi catatan sejarah penting dalam hidup saya.yup, karena pada hari itu saya telah resmi menjadi seorang ibu dari avicenna tiara khadija.

Saya termasuk orang yang parnoan..hehe…
Saya selalu berhati harti kalo udah menyangkut penyakit dan kesehatan. Sejak saya dinyatakan hamil oleh dokter, maka sejak saat itu saya sudah mempersiapkan semuanya.
Menjaga pola makan, olahraga, menabung, dan rajin kontrol ke dokter spesialis kandungan untuk tau perkembangan janin.
Setiap pulang kontrol, pasti dapat oleh oleh oleh vitamin, minyak ikan, asam folat, segepok.
Terus terang saya paling malas minum supplemen. Saya lebih suka makan buah, sayur, ikan sebagai pengganti supplemen itu.
Tapi kan suami saya udah bayarin mahal2 buat tiap bulan periksa ke dokter, ya sedikit2 akhirnya saya minum juga, meskipun lebih banyak yang ga diminum.
Sejak minggu ke 25, saya rupanya mengalami sakit pinggang hebat.tidur ga enak,nyeri pinggang yang luar biasa.terutama saat bangun tidur. Setelah saya konsultasikan ke dokter, katanya sakit pinggang biasa yang dialami oleh semua ibu hamil..hemm….gimana ya ngejelasinnya?emang sakit banget kok…saya yakin ga semua ibu hamil ngalamin.

Seminggu 3 kali saya juga olahraga keliling komplek, dengan jalan cepat…
Gerakan gerakan yang diajarkan dokter juga saya lakukan seperti nungging, latihan pernapasan, dan latihan relaksasi.

H-7 HPL
Saya alami flek.ada bercak darah berwarna coklat yang keluar, saya pikir ini udah waktunya, mungkin saya akan segera melahirkan.
Malemnya saya dianter ke rumah sakit untuk cek pembukaan.eh, baru pembukaan satu.
Tapi kok udah sakit banget ya..udah nyeri luar biasa di bagian perut bawah dan pinggang?
Dari USG terakhir ke dokter  kandungan, posisi bayi sudah bagus, siap dilahirkan.maka saya optimis bisa melahirkan normal.
Saat nyeri sudah menyergap, saya sengaja masih menyempatkan makan banyak, biar nanti tenaganya kuat saat ngejan.
Saya diminta untuk menginap di rumah sakit, agar tenaga medis bisa cek perkembangan pembukaan rahim.
Pagi-pagi bangun tidur, ada bidan datang ke ruangan dan cek pembukaan..
“sudah pembukaan tiga bu, siap siap ya bu, setelah ini insy nambah lagi pembukaanya”
Deg degan sekaligus riang gembira…
Sambil menahan rasa nyeri yang datang setiap 2 menit sekali…rasanya benar benar nyeriiiiii…saya masih ingat betul rasanya.

” bu, dokter sudah datang, ayo periksa dulu ke ruang USG untuk liat posisi bayinya”
Saya pun meng iyakan….

” lho kok…posisinya tengadah bu?nih bu..anak ibu geser posisinya, tengadah dia..istilah medisnya occiput posterior”

” trus saya musti gimana dok?” Tanyaku bingung…

” ibu tuh pinggulnya kecil, bayinya besar…kayaknya susah melahirkan normal Bu…ibu bisa kehabisan tenaga. Apalagi posisi bayi occiput kayak gini beresiko banget bu..kepala dan mukanya bisa penyok kalo dipaksakan”

” trus..apa yang harus saya lakukan?” Tanya saya makin ga sabar

” satu satunya cara adalah sesar..ini saran saya ya…dari pada ibu udah susah melahirkan, beresiko, ga lahir lahir makin sakit…eh ujung ujungnya sesar, mending putuskan sesar dari sekarang bu…
Gini aja saya kasih waktu 1 jam dari sekarang buat ambil keputusan ya bu..silakan diskusi dengan suami”

Gluduk gluduk duarrrrr……
Bagai kesambar petir di dalam toilet…

Kenapa semua ini bisa terjadi, kenapa secepat ini semuanya berubah?
Padahal beberapa minggu terakhir sebelum ini, saya udah banyak googling tentang resiko dan bahaya melahirkan sesar…

Saya keluar dari ruang USG dengan perasaan hancur yang berkeping keping.

image

Kiri : posisi bayi normal dan aman untuk dilahirkan.
Kanan : posisi occiput posterior seperti yang saya alami.

Saya masuk ke kamar dan menangis meraung raung..sejadi jadinya..beberapa perawat juga datang buat menenangkan.
Tapi saya sadar, waktu saya ga banyak buat segera ambil keputusan.40 menit lagi..akhirnya saya putuskan gunakan sisa waktunya buat googling tentang occiput posterior dan berapa persen kemungkinannya untuk melahirkan normal.

Hemmm…beberapa literatur kompak menyatakan bahwa kemungkinannya hanya 20-30 persen…biasanya mereka yang berani ambil keputusan normal dengan kondisi occiput adalah ibu ibu yang pinggulnya besar, fisiknya tinggi besar, dan tahan rasa sakit..sedangkan sayahhhh??????
Kebalikan dari itu semua….

Ya sudahlah..saya menyerah…..

Akhirnya sesarlah jalan keluarnya..
Saya serahkan hidup dan mati saya sama Allah….
Saya benar benar nerveous…bahkan syok dan sekujur tubuh menggigil dingin..sampai di meja operasipun saya masih menggigil ketakutan..sambil terus berzikir…
Bahkan dokter aneatesi sampai bernyanyi buat saya..biar saya relax…
” saya nyayikan lagunya afghan ya bu…yang romantis ya…hehehehe..santai bu…”
Saya pun hanya senyum kecut.

Akhirnya lahirlah avicenna tiara khadija…tepat tanggal 2 oktober 2014.
Bayi sehat, montok, gembul…

image

###
Pasca sesar….
Perjuangan baru saja dimulai pasca sesar….2 hari hanya bisa berbaring di tempat tidur rumah sakit.
Hari ke tiga, saya dipaksa bangun dan harus bisa pipis ke kamar mandi..saya minta suami tetap anter saya sampai ke dalam toilet..
Karena jalan masih kaku..dan kayak mau jatuh.
Hari ke empat, saya sudah bisa jalan pelan-pelan, saya seneng banget…sambil muter muter di halaman rumah sakit.
Hari ke 5 saya sudah bisa BAB, tanpa ngejan..hampir setiap orang yang habis sesar, hal yang paling ditakutkan adalah saat pertama BAB after sesar.
Alhamdulillah saya bisa BAB dengan rilex, tanpa rasa sakit.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Melahirkan sesar karena occiput posterior

2 oktober 2014
Menjadi catatan sejarah penting dalam hidup saya.yup, karena pada hari itu saya telah resmi menajsi seorang ibu dari avicenna tiara khadija.

Saya termasuk orang yang parnoan..hehe…
Saya selalu berhati harti kalo udah menyangkut penyakit dan kesehatan. Sejak saya dinyatakan hamil oleh dokter, maka sejak saat itu saya sudah mempersiapkan semuanya.
Menjaga pola makan, olahraga, menabung, dan rajin kontrol ke dokter spesialis kandungan untuk tau perkembangan janin.
Setiap pulang kontrol, pasti dapat oleh oleh oleh vitamin, minyak ikan, asam folat, segepok.
Terus terang saya paling malas minum supplemen. Saya lebih suka makan buah, sayur, ikan sebagai pengganti supplemen itu.
Tapi kan suami saya udah bayarin mahal2 buat tiap bulan periksa ke dokter, ya sedikit2 akhirnya saya minum juga, meskipun lebih banyak yang ga diminum.
Sejak minggu ke 25, saya rupanya mengalami sakit pinggang hebat.tidur ga enak,nyeri pinggang yang luar biasa.terutama saat bangun tidur. Setelah saya konsultasikan ke dokter, katanya sakit pinggang biasa yang dialami.oleh semua ibu hamil..hemm….gimana ya ngejelasinnya?emamg sakit banget kok…saya yakin ga semua ibu hamil ngalamin.
Seminggu 3 kali saya juga olahraga keliling komplek, dengan jalan cepat…
Gerakan gerakan yang diajarkan dokter juga saya lakukan seperti nungging, latihan pernapasan, dan latihan relaksasi.

H-7 HPL
Saya alami flek.ada bercak darang berwarna coklat yang keluar, saya pikir ini udah waktunya, mungkin saya akan segera melahirkan.
Malemnya saya dianter ke rumah sakit untuk cek pembukaan.eh, baru pembukaan satu.
Tapi kok udah sakit banget ya..udah nyeri luar biasa di bagian perut bawah dan pinggang?
Dari USG terakhir ke dokter  kandungan, posisi bayi sudah bagus, siap dilahirkan.maka saya optimis bisa melahirkan normal.
Saat nyeri sudah menyergap, saya sengaja masih menyempatkan makan banyak, biar nanti tenaganya kuat saat ngejan.
Saya diminta untuk menginap di rumah sakit, agar tenaga medis bisa cek perkembangan pembukaan rahim.
Pagi-pagi bangun tidur, ada bidan datang ke ruangan dan cek pembukaan..
“sudah pembukaan tiga bu, siap siap ya bu, setelah ini insy nambah lagi pembukaanya”
Deg degan sekaligus riang gembira…
Sambil menahan rasa nyeri yang datang setiap 2 menit sekali…rasanya benar benar nyeriiiiii…saya masih ingat betul rasanya.

” bu, dokter sudah datang, ayo periksa dulu ke ruang USG untuk liat posisi bayinya”
Saya pun meng iyakan….

” lho kok…posisinya tengadah bu?nih bu..anak ibu geser posisinya, tengadah dia..istilah medisnya occiput posterior”

” trus saya musti gimana dok?” Tanyaku bingung…

” ibu tuh pinggulnya kecil, bayinya besar…kayaknya susah melahirkan normal Bu…ibu bisa kehabisan tenaga. Apalagi posisi bayi occiput kayak gini beresiko bangey bu..kepala dan mukanya bisa penyok kalo dipaksakan”

” trus..apa yang harus saya lakukan?” Tanya saya makin ga sabar

” satu satunya cara adalah sesar..ini saran saya ya…dari pada ibu udah susah melahirkan, beresiko, ga lahir lahir makin sakit…eh ujung ujungnya sesar, mending putuskan sesar dari sekarang bu…
Gini aja saya kasih waktu 1 jam dari sekarang buat ambil keputusan ya bu..silakan diskusi dengan suami”

Gluduk gluduk duarrrrr……
Bagai kesambar petir di dalam toilet…

Kenapa semua ini bisa terjadi, kenapa secepat ini semuanya berubah?
Padahak beberapa minggu terakhir sebelum ini, saya udah banyak googling tentang resiko dan bahaya melahirkan sesar…

Saya keluar dari ruang USG dengan perasaan hancur yang berkeping keping.

image

Kiri : posisi bayi normal dan aman untuk dilahirkan.
Kanan : posisu occiput seperti yang saya alami.

Saya masuk ke kamar dan menangis meraung raung..sejadi jadinya..beberapa perawat juga datang buat menenangkan.
Tapi saya sadar, wakti saya ga banyak buat segera ambil keputusan.40 menit lagi..akhirnya saya putuskan gunakan sisa waktunya buat googling tentang occiput posterior dan berapa persen kemungkinannya untuk melahirkan normal.

Hemmm…beberapa literatur kompak menyatakan bahwa kemungkinannya hanya 20-30 persen…biasanya mereka yang berani ambil keputusan normal dengan kondisi occiput adalah ibu ibu yang pinggulnya besar, fisiknya tinggi besar, dan tahan rasa sakit..sedangkan sayahhhh??????
Kebalikan dari itu semua….

Ya sudahlah..saya menyerah…..

Akhirnya sesarlah jalan keluarnya..
Saya serahkan hidup dan mati saya sama Allah….
Saya benar benar nerveous…bahkan syok dan sekujur tubuh menggigil dingin..sampai di meja operasipun saya masih menggigil ketakutan..sambil terus berzikir…
Bahkan dokter aneatesi sampai bernyanyi buat saya..biar saya relax…
” saya nyayikan lagunya afghan ya bu…yang romantis ya…hehehehe..santai bu…”
Saya pun hanya senyum kecut.

Akhirnya lahirlah avicenna tiara khadija…tepat tanggal 2 oktober 2014.
Bayi sehat, montok, gembul…

image

###
Pasca sesar….
Perjuangan baru saja dimulai pasca sesar….2 hari hanya bisa berbaring di tempat tidur rumah sakit.
Hari ke tiga, saya dipaksa bangun dan harus bisa pipis ke kamar mandi..saya minta suami tetap anter saya sampai ke dalam toilet..
Karena jalan masih kaku..dan kayak mau jatuh.
Hari ke empat, saya sudah bisa jalan pelan-pelan, saya seneng banget…sambil muter muter di halaman rumah sakit.
Hari ke 5 saya sudah bisa BAB, tanpa ngejan..hampir setiap orang yang habis sesar, hal yang paling ditakutkan adalaj saat pertama BAB after sesar.
Alhamdulillah saya bisa BAB dengan rilex, tanpa rasa sakit.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.