MANUSIA-MANUSIA ANEH DI BASMALA


 

Seluruh tokoh dalam cerita ini sengaja aku samarkan namanya untuk melindungi reputasi mereka. Tapi cerita yang terjadi adalah kisah nyata.spesial buat temen-temen di nayla binti farafisha dan azda binti harist

Herti, si gadis lugu setengah culun yang berasal dari kota kretek, kudus mania, dengan kaca mata minus tebel banget, ngeliat kaca matanya aja uda bikin pusing.dia baik hati dan suka mengalah, bahkan kadang jadi sasaran empuk buat mereka yang suka ngejajah temen. Bagi penjajah temen, herti adalah ikan hiu yang lezat dengan bumbu rica2 yang siap dilahap dalam kondisi perut kosong. Loh..loh..apa hubungannya herti ma makanan?kagag tau..hihi

Dia adalah umi kos (kepala suku istilahnya). Dia yang suka mimpin rapat kos, yang jadi tempat berlabuhnya hati yang sedang terluka, dia juga jadi tempat ngutang yang paling digemari. Karena dia ga pernah berani buat nagih. Kalo yang ini, anak-anak sengaja memanfaatkan kebaikan herti kale…

Sukanya bikin karya ilmiah. Dari situlah dia hidup. Dia juga paling rajin tahajjudnya. Sosoknya emang ga terlalu menonjol kalo diliat sekilas. Kalem dan Biasa banget. TapI dibalik kekalemannya itu, dia menyimpan sejuta permata yang tak pernah dimilki orang lain. Dia jago karya ilmiah, dia mahasiswa berprestasi., dia juga baik hati.

Dia rajin dan selalu bangun pagi. Hal pertama yang akan dilakukan adalah mencuci piring-piring kotor yang berserakan di tempat cuci piring atau di meja depan deket televisi. Biasanya anak-anak yang abis makan-makan or minum sambil nonton tv, mereka lupa ngebersihin PERALATAANNYA. Atau emang sengaja ninggalin alat2 itu di sana biar dibersihin sama herti, yah,,biar herti ada kerjaan gitu pikir mereka. Atau biar herti bisa menyalurkan hobbi bersih2nya. Herti bisa lulus tepat waktu dan langsung mendaftar CPNS ketika ada tes CPNS. Dia mengambil di wilayah pati. Akhirnya dia lolos juga jadi guru di salah satu SMP d kabupaten pati, deket rumah gw..

Saaat herti pergi meningggalkan kami, sebenarnya aku ga siap hiks hiks… (sambil menggigit-gigit kaos yang udah molor). Ternyata kebaikannya baru terasa saat dia pergi, meninggalkan kami semua karena dia harus meniti karirnya. Oh  herti….betapa kau sangat kubutuhkan, bukan buat mencuci piring kotor lagi..tapi untuk menghibur hati yang sedang gundah gulana karena ga punya uang.😛

Sumpah!gini2 gw belum pernah ngutang sama herti. Pas butuh duit dan mau ngutang, eh..dianya uda pergi pulang kmpung. Yauda deh,,,berarti emang blon jodooh.

Mbak Denok

Orangnya ga terlalu terkenal, perawakanyna gedhe, berotot, berlemak dan bertulang. Ya iyalah…emang dia boneka yang isinya Cuma busa sama kain. Suaranya seksi menggelegar membelah angksa. Kalau dia lagi ngomong, kamu ga perlu deket…jarak ideal untuk mendengarkan saat dia ngomong adalah kira-kira 2 meter dari depan mukanya dia. Alasannya, pertama kenapa aku nganjurin kamu ngelakukan ini adalah : gendang telingamu bisa pecah karena gelegar suaranya. Apa lagi kalo dia lagi cerita yang seru2 dan bersemangat. Maka dia dengan segenap gaya yang dimilkinya, akan berekspresi bahkan memperagakan tokoh2 yang diceritakannya.

Bahkan kalo kamu di dekatnya, juga bisa berperan sebagai meja atau kursi, yang bisa diduduki dia, saat mempergakan tokoh yang lagi duduk di kursi. Maka, saran keduaku, bagi elu2 yang tubuhnya krempeng dan kecil mungil, jangan sekali-sekali terlalu deket dengan mbak denok kalo dia lagi bercerita yang serru2. U bisa jadi kursi yang fungsinya adalah diduduki sama dia.

Dia udah lulus dari jurusan pendidikan kimia Unnes, dengan nilai yang cukup membanggakan. Bahasa inggrisnya juga oke punya. Dia pinter menirukan aksen britis, jadi meskipun gada miripnya ma ras kulit putih, tapi aksennya mirip banget ma orang2 inggris.

Dia selalu punya cerita lucu tentang murid2nya yang dia bilang gokil2. Dia ngajar di sebuah STM di kawasan Semarang Barat. u tau sendiri kan, di STM itu hampir semuanya laki2. Kalopun ada beberapa cewek, itu Cuma sebagai penghias aja, sebagai bukti klo sekolah mereka ga alergi ma perempuan. Heheh..kata siapa?

Dia biasa dipanggil nyak..mak nyak…ato empok sama murid2nya. Dia sih marah juga awalnya. Saat ada muridnya yang manggil dia nyak..maka dengan sok kalem karena ngejaga reputasi dan juga sambil memendam jengkel yang tiada terkira dia ngejawab

“ heh…nak…kapan aku nikah sama bapakmu?”

“sekarang juga boleh nyak, lagian makku gak segaul mak nyak. Trus terang aku lebih suka kalo mak nyak yg jadi emakku” jawab muridnya enteng

“????”

Alis

Dia mahasiswa ekonomi. Orangnya pake kacamata, tapi engga tebel bnaget, cuma tebel aja. Sukanya cerita yang seru-seru dan bikin hiperbol. Semua kejadian yang diceritain sama Alis, diajamin 99% adalah hasil imajinasi otak kraetifnya dan hanya 1% aja yg based on fact. Dia manusia yang selalu kliatan ketawa, apapun diketawain. Bahkan orang nangis pun diketawain, pokoknya bagi Alin, smua hal itu lucu. Pernah waktu lagi nonton film yang sedih banget, kisahnya tuh tentang nenek-nenek yang idup sendiri gitu, smua yg lg nonton juga pada nangis mpe rebutan tissu bwt ngelap ingus. Dia dengan tiba2 nongol trus nimbrung, gak lama kemudian malah ngakak ,

”hahahha…nenek itu lucu banget, uda bongkok masi jarinya kudisan, itu kayak nenek aku banget”

gila aja, dia benar2 sudah kehilangan peri kemanusiaan. yang ada di dalam dirinya Cuma peri cengengesan.

Padahal aku udah numpahin ber ember-ember air mata karna gak tega ngeliat pemeran nenek yg kayakna  sengsara banget gitu.

“hahahahah….itu tempat PUB nya kok kayak di kampung aku, sumpah, ini kayak kampung aku banget..hahahhahah” dia terus meledakkan tawanya yang kontras banget sm suasana saat itu, yang syahdu dan menyedihkan.

Sedang yang lain…tambah seru nangisnya. Sungguh sengsara, seorang nenek hidup sendiri di pedesaan yg jauh dari peradaban, bajunya gag pernah ganti, dia kedinginan, rambutnya memutih, ga punya WC…hiks hiks..aku nulisnya aja sambil ga tega gitu.

Lama-lama aku sebel banget sama alis. Pingin rasanya orang ini aku kutuk jadi nenek tua itu buat bisa ngerasain susahnya jadi nenek tua sebatangkara.

Saking sedihnya ngeliat film ini, ga kerasa uda berliter-liter air mata aku tumpahin, and bikin mataku jd bengkak kayak abis digebukin orang se RT. Udah gitu aku makin ga bs bernapas pula gara2 ingus yg ga bs kluar dr lubang hidung. Dari pada aku mati ga bs bernapas, maka aku putusin buat berhenti nonton film yang sedih banget ini, aku ke kamar buat nenangin diri. Soalnya kalo abis liat yang sedih jadi kebayang yg enggak-enggak, jadi inget nenekku, jadi inget sm nenek2 lain di kampungku yg juga idup menjanda dan sebatangkara.

Tiba2 dia datang tanpa diundang, trus dg pedenya ngeloyor tiduran di sampingku.

“ngapain kamu?cengeng amat, gitu aja nangisnya ga bs berhenti. Itu kan Cuma pilem beibeh…”

“he…kamu tu punya hati gag seh?dasar aneh” semprotku

“alah…hidup tu uda susah…jangan dibikin tambah susah. Dikit2 nangis. Padahal film itu kan buat mengghibur , bukan malah buat org mewek”

Dari pada you tambah mewek, mending gag usah nonton2 yg gituan. Eh, tau  ga, kemaren aku habis jatuh gara2 diboncenagin temen aku

“jatoh dimana, kayakna lu baek2 aja?”

“Dia itu br belajar gitu. Tapi uda sok sokan ngebut”

“Pas di tikungan dia gag bisa ngendalikan rem, trus motornya oleng dan jatoh lah

Saat motor dah oleng, aku tuh dah punya firasat gag baik , maka aku segra loncat

Tapi temenku itu malah nanya”

“lis…gmn cara ngeremnya nih…kok susah?”

“dia mau ngerem malah jd nge gas .akhirnya dia terpental, sebelum smpat mencium aspal, ada sebuah peristiwa yg ajaib”

“ajaib?emang kenapa lis?”tanya ku penuh keheranan

Temenku itu bener2 beruntung, waktu motornya terpental, dia terjungkal, dan sbelum mukanya jatuh ke aspal, giginya lebih dulu jatuh terseret beberapa meter mengenai aspal.

“hiiiii ngeri, trus gimana kondisi temenmu itu?tanyaku penuh penasaran

“ajaibnya dia itu gag papa, Cuma gigi depannya berdarah dikit”

“Kok bisa?”

“Waktu dia terpental trus terseret beberapa meter di jalan beraspal, dia itu dalam kondisi telungkup, tapi dia telungkup sambil meringis mamerin gigi depannya yang agak maju.nah, justru gigi depannya itu yg bisa nyelametin dia dari goresan aspal, dan benturan antara aspal dan giginya sampe menimbulkan percikan bunga api”

“Kok bisa gituuh?hebat banget giginya?jadi pingin liat kayak apa sih, gigi yg bisa bikin percikan bunga api?”tanyaku dengan eksprasi paling tolol.

“Itulah hebatnya temenku. Makanya meskipun dia masi baru belajar naek motor, aku percaya buat diboncengin, karena aku yakin temenku itu punya pembawaan keberuntungan. Menurutku itu karena giginya yang rada maju itu”

.

Sodara-sodara,,,boleh percaya ato enggak sampe beberapa hari setelah Alis cerita tentang kisah heroik temannya itu, aku masih percaya denga keanehan yg dia ceritakan itu adalah kisah hebat dan benar2 terjadi.

Sampe suatu hari aku menceritakan kisah ini pada temenku yang lain, yang ada malahan pada ketawa dan nyumpah-nyumpahin aku sebagai manusia korban tipu paling tolol sedunia.

Itulah Alis, aku suka banget sama orang ini, trutama kalo lagi sedih. Aku samperin dia buat mau cerita yang aneh2. Dengan ikhlas, dia tumpahin smua memory2 aneh yg tersimpan di otaknya buat q taroh di memory otakku tanpa screening.

Categories: cerita kehidupan | Tags: , , , , , | 1 Komentar

Navigasi pos

One thought on “MANUSIA-MANUSIA ANEH DI BASMALA

  1. hahaha mbk ningnung, he

Tinggalkan Balasan

Blog di WordPress.com.

