Herpes genital, siapa aja bisa kena lho..

Udah lama ga nulis. Rasanya cangguh banget kalo nulis. Padahal, dulu tuh aku termasuk yang sangat produktif menulis diantara temen-temen pers.
Hemm….sebenernya Cuma pingin sharing aja. Banyak hal yang telah terjadi, namun ga sempat aku tulis. kali ini aku pingin sharing tentang sebuah penyakit yang beberapa waktu lalu sempat aku derita. Namanya herpes genitalis. Ini penyakit bisa menyerang siapa aja dan bisa pergi kapan aja. Kayak jelangkung aja yah? Yup, ni penyakit disebabkan oleh virus herpes, virus ini bs ditularkan lewat udara. Jadi ga harus bersentuhan langsung dengan penderita herpes, ato melakukan seks dengan penderita herpes juga bisa kena herpes dengan sendirinya lho….jadi virus herpes tuh kayak virus influenza yang bisa menyerang siapa aja saat imunitas tubuh lagi drop. masih gitu herpes juga belum ditemukan vaksinnya.
Awalnya tuh aku ga ngerasa kalo kena herpes. Waktu pipis, kok rasanya nyeri di sekitar kelamin, what’s wrong with my V?setelah aku cek ternyata ada kayak plentingan 1 biji di sebelah luar kelamin. Trus aku biarkan aja, mungkin jerawat, atao kegigit nyamuk…eh, lama-lama kok nambah ini plentingan.
Setelah cari info sana-sini di internet, jadi tambah bingung, karena rata-rata keterangannya tu kalo herpes ditularkan lewat hubungan kelamin, padahal husband ga pernah kena herpes.
Saking bingungnya menerka-nerka sebab bisa kena herpes, akhirnya aku putuskan periksa ke spesialis kulit. Dan dokter memastikan kalo itu emang herpes tapi masih stadium awal, jadi ga terlalu terasa sakit. bahkan dokter bercerita, rata-rata pasien yan terkena herpes, saat periksa sudah stadium lanjut, bahkan ada yang sampe ga bisa jalan. Untungnya aku cepet cari-cari info di internet dan segera periksa ke dokter. Jadi penyakit yang aku derita bisa langsung dapat pertolongan.
Aku periksa di dokter spesialis kulit dan dokternya cewek, udah berumur sih, iibu-ibu gitu.jadi saat suruh buka buka ya pede aja.hehe,,,awalnya aku Cuma nunjukin foto pke kamera blackberry, tp dokterny masih kurang yakin dengan gambar yang aku jepret pke kamera, dia ngotot pingin liat langsung.trus, kata dokternya masih stadium awal, jadi dalam kurun waktu 4-5 hari udah bisa sembuh.
Sebenernya herpes tuh kalo masih awal ga sakit, cuma efek-efek lainnya tuh yang bikin kita ga bisa beraktifitas normal. Suhu badan jadi naik bahkan sampe 40 derajat celcius, trus juga kelenjar limfa yang di deket paha juga membesar sebagai reaksi adanya zat asing virus herpes tersebut.
Di dokter tersebut, aku dikasih acyclovir (tablet) yang harus diminum 5 kali sehari. Salep antibakteri dengan brand ikagen, sama larutan garam untuk mengompres daerah yang kena herpes. sehari, dua hari, kok belum ada perubahan, bahkan plenting-plentingnya makin nambah. Masih gitu, dokternya ga ngasih antinyeri.padahal bagi penderita herpes, juga mengalami komplikasi urethritis. Itu lho yang iritasi pada saluran kencing yang menyebabkn nyeri saat pipis. jadilah saat ke toilet jadi momen penyiksaan yang kejam buatku.
Karena ga tahan nyerinya saat ke toilet, aku nyoba periksa lagi ke rumah sakit yang lebih bagus ( mikirnya kali aja obatnya lebih manjur) tapi biayanya hampir 3 kali lipat.di rumah sakit ini, dokter spesialisnya cowok, waduh aku udah deg degan kalo kalo dokter ini maksa buat ngeliat, kan malu. Aku udah siapkan juga dokumentasi perkembangan penyakit aku, akhirya dokter ini ga keberatan saat aku meminta mendiagnosa lewat foto di blackberry.
Sama dokter kedua ini, aku tetep dikasih acyclovir tablet, tapi dia juga ngasih acyclovir salep. Dikasih juga anti bakteri dan anti nyeri plus cairan garam buat compress.lengkap deh.selang 2 hari Alhamdulillah, plentingan-pentingannya udahberkurang dan badan makin terasa enak.
Tapi masih ada 1 masalah lagi, ternyata aku belum BAB selama hamper 5 hari.yup, ini karena efek antibiotic yang aku konsumsi secara marathon, Yang berakibat konstipasi (sembelit).untuk mengatasi konstipasi aku sengaja berburu pisang di pasar tradisional dekat rumah (banyak pilihan dan harganya murah). Selama sehari, aku Cuma makan nasi sekali, itupun dengan komposisi sayur lebih banyak, selebihnya aku kenyang karena banyak makan pisang. Wah, dengan makan pisang segitu banyaknya kok masih belum bisa pup, akhirnya aku minum vegeta herbal. Dan akhirnya bisa keluar juga.

Categories: Uncategorized | Tags: , | 10 Komentar

Navigasi pos

10 thoughts on “Herpes genital, siapa aja bisa kena lho..

  1. indra suranta hrp

    Jd mbak swktu Hamil Dan mlahirkan Ada mslh gak?Dan mnurun gak sm ank yg dlhirkan?

    • niningprasetya

      Engga mas…ga ada masalah…herpes saya langsung tertangani dan sembuh…

  2. safiroh arifin

    Mbak, aq juga pernah mengalamnya Februari lalu, persis cerita Mbak, tersiksa banget. Nah, minggu lalu (Oktober ini) aq mengalami gejala yang sama di sekitar anus, setelah periksa ternyata benar, herpes juga.Setelah 3 minum acyclovir, langsung hilang. walaupun begitu, aq selalu resah, karena kata dokter penyakit ini permanen, sehingga harus dihindari pencetusnya. Sama dengan Mbak, suamiku juga tidak kena herpes, dan sebulan sebelum kena kemarin aq gak ketemu, karena dia kerja di luar kota. Aku masih bingung, tentang penyebab dan antisipasinya. makanya butuh sharing. Mau tanya nih, mbak pernah kambuh lagi nggak? Mbak sendiri mengantisipasinya dengan apa saja? makasih banyak ya

  3. Reni

    Mbak, pernah kambuh lagi nggak sakitnya? Sekarang, apa udah punya baby?

  4. aghan

    Apa setelah itu anda bisa punya baby normal (tanpa kelainan)? Krn kami jg mengalami hal yg sama n ingin punya baby lagi

    • niningprasetya

      Alhamdulillah normal mas @afghan, karena herpes yang saya alami masih tahap awal, engga berbahaya dan langsung diobati…

  5. hi kak. mau Tanya. jadi penyebab kaka kena herpes tu apa ya ? kan katanya suami kaka gak kena herpes. jadi aku pengen tau. kejadian aku sama kayak kaka. aku udah berobat malah makin banyak juga kak

    • niningprasetya

      Dokter bilang, herpes bisa kena siapa aja dan kapan aja terutama saat imunitas tubuh lg drop mba…saat itu emg saya lagi ga sehat..
      Alhamdulillah, begitu tau itu gejala awal herpes, sy langsung ke dokter dan dikasih obat, abis itu sembuh.jd cepet banget kalo herpesnya belum parah.

Tinggalkan Balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

